Blog Seputar Dunia Teknologi , Kesehatan , Olahraga , Kuliner , Percintaan , Motivasi , Tutorial, Otomotif Dan Lain Sebagainnya

Inilah Perbedaan Antara Rumah Kontrakan Dan Kos-Kosan

rumah kontrakan vs rumah kos-kosan
NASORUDINTUTORIAL.COM- Rumah adalah suatu bangunan tempat tinggal yang ditempati oleh manusia pada umumnya, banyak sekali jenis-jenis rumah atau hunian diantarnya seperti kontrakan, kos-kosan atau indekost, apartement, perumahaan, hotel dan lain sebagainnya.

Baca Juga : Cara Mudah Cek Saldo CIMB Niaga Yang Wajib Diketahui

Banyak sekali orang berlomba-lomba untuk membeli rumah untuk di tempati apalagi untuk yang sudah berkeluarga sangat penting sekali mempunyai rumah impian sendiri, jika sobat belum mampuh untuk membeli rumah sendiri sobat bisa mengandalkan yang namanya kontrakan untuk ditempati, jangan sampai salah dengan kos-kosan atau bahasa gaulnnya indekost ya.

Berikut Perbedaan Antara Kontrakan Dengan Kos-Kosan Dibawah ini :

#1. Segi Bangunan Dan Penguni

Kos-Kosan atau biasa disebut dengan indekost biasanya kita melihat bangunan kos-kosan yang satu rumah dengan pemilik bisa di perumahaan, rumah pribadi atau mungkin tempat atau bangunan khusus kos-kosan dan sudah pasti banyak ditempati para mahasiswa ataupun karyawan, biasanya jangka waktu untuk dihuni tidak lama karena penghuninya kebanyakan karyawan ataupun mahasiswa.

Baca Juga : Begini Cara Mudah Order Makanan Menggunakan Aplikasi GO-JEK

Rumah Kontrakan biasanya bangunannya masuk ruang lingkup rumah warga, dan biasanya ditempati oleh orang yang sudah berkeluarga, penghuninyapun biasanya tinggal dalam waktu cukup lama. karena biasanya penghuninyapun sudah mempunyai KTP alamat tempat kontrakan tersebut berada.

#2. Fasilitas Ruangan

Kos-Kosan biasanya sudah disediakan fasilitas khusus oleh pemilik kos diantaranya seperti lemari, meja makan, wc, tempat tidur berupa kasur, bantal, meja kerja, kulkas dan lain sebagainya dan kita hanya tingal menempati saja, istilahnya terima beres hehe, dan biasanya kalau kita membawa peralatan seperti kulkas, lemari dan lain sebagainya jarang di ijinkan, sebenernya da juga kosan yang mengijinkan untuk membawa peralatan tambahan, tergantung kosan tersebut dan biasanya akan dikenakan bayaran tambahan.


Beda Halnya dengan rumah kontrakan, kita bisa membawa peralatan rumah tangga bebas mau itu kulkas, lemari, tempat makan , atupun yang lainnya bisa kita bawa, karena fasilitas kontrakan biasanya kosong, hanya di sediakan ruangan saja seperti ruang tamu, kamar, wc dan lain-lain. 

#3. Pembayaran

Kos-Kosan atau indekost biasanya untuk pembayaran itu kebanyakan harian, mingguan , bulanan, dan paling sering kita temukan yaitu pembayaran bulanan, ada juga kosan yang menentukan pembayaran langsung 3 bulan sekaligus, karena pemilik kosan akan berfikir mending menerima orang yang tinggal lama daripada tinggal cuma satu bulan, tapi itupun tergantung kosannya juga.


Rumah Kontrakan biasanya untuk pembayaran itu bisa 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali tergantung perjanjian dengan pemilik kontrakan tersebut, bisa juga kita sudah lama tinggal di kontrakan tersebut dan ingin membeli kontrakan tersebut untuk dijadikan milik kita bisa juga, kita bisa nego dengan pemilik kontrakannya.

#4. Tempat Parkir

Kos-Kosan biasanya ada yang menyediakan khusus untuk parkiran motor ada juga yang tidak, tapi kebanyakan kos-kosan itu menyediakan tempat parkiran motor ataupun mobil, cuma kalau kita ingin mencari tempat parkiran yang ada mobilnya jarang sekali, bukan tidak ada sebenernya banyak cuma jarang ya , kalau kata orang sunda milik milikan :)


Beda halnya dengan rumah kontrakan, rumah kontrakan kebanyakan biasanya tidak disediakan untuk parkiran motor ataupun mobil terkecuali tinggal diperumahan khusus itu beda lagi, jika kita membawa kendaraan suka-suka kita mau di parkir diluar atau dimasukan rumah, karena rumah kontrakan lebih luas daripada rumah kos-kosan atau indekost.

#5. Akses 24 Jam Dan Free Wifi

Kos-kosan biasanya ada khusus akses wifi atau internet gratis yang disediakan oleh pemilik kosan , tergantung kosan dan budget kosannya juga, dan biasanya untuk kos-kosan itu ada yang bisa akses 24 jam maksudnya kita bisa pulang kapan saja ke tempat kos, ada juga yang dibatasi jam-jam tertentu, dan untuk kos-kosan biasana tidak boleh membawa teman menginap, bisa menginap cuma mungkin hanya 1-2 hari saja tergantung kos-kosannya.


Rumah Kontrakan kita bebas untuk pulang kapan saja ke tempat kontrakan, dan biasanya untuk rumah kontrakan itu tida disediakan wifi, dan kalau kita ingin memasang wifi bisa pasang sendiri dan bayar sendiri sama halnya dengan token listrik yang dibayar sendiri, rumah kontrakan pun bebas biasanya untuk mengajak rekan atau keluarga untuk menginap beberapa haripun.

PENUTUP : Demikian postingan kali ini bagaimana cara membedakan antara rumah kontrakan dan rumah kos-kosan atau biasa disebut dengan idekost, semoga artikel ini bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan untuk berdiskusi dibawah, jangan lupa untuk berkomentar positif, Terimakasih

Share:

0 comments:

Post a Comment

f

Total Pageviews

Unordered List

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia