Pengalaman Kerja Menjadi Seorang Medical Representative

Pengalaman Menjadi Medical Representative
NASORUDINTUTORIAL.COM- Medical Representative Adalah seorang yang mempromosikan atau mengenalkan suatu produk farmasi kepada dokter, bidan , termasuk area garapan klinik , apotik , rumahsakit untuk meresepkan kepada pasiennya.

Medical Representative bisa disebut juga dengan detailer, karena dalam melaksanakan tugasnnya seorang medical representative harus mampu menjelaskan seluk beluk produk yang ditawarkan secara detail kepada customernya.

Apa Tugas Dari Seorang Medical Representative ?
  • Melakukan kunjungan rutin baik itu ke dokter ataupun bidan baik itu di klinik , apotik, rumahsakit dll.
  • Menjaga Hubungan dan relasi yang baik dengan customer supaya produk yang diresepkan bisa terus berlangganan dalam jangka panjang.
  • Terbiasa dengan target yang sudah ditentukan oleh perusahaan tempat bekerja.
  • Membuat Laporan Mingguan Kunjungan dan estimasi Pencapaian produk terjual.
  • Membuat Laporan Bulanan atas Pencapaian produk terjual .
  • Membuat BOR ( Biaaya Operasional ) Claim transportasi.

O ya saya pernah bekerja di sebuah perusahaan farmasi, untuk head office nya itu di jakarta tepatnya di fatmawati dan untuk pabrik nya itu pusatnya di semarang, seiring berjalannya waktu saya belum ta dan baru terjun ke dunia medical representative. saya mengira wah kerjaan ini seperti sales nih kita jualan obat , fikir saya sama seperti jualan dijalanan.

Singkat cerita sayapun mengambil kerjaan tersebut karena sangat mendesak dan waktu itu lulus kuliah ingin langsung bekerja, sebenernya sudah keterima di perusahaan restoran korea menjadi stocker dan juga perusahaan perbangkan di bank bri kcp senayan sebagai teller. cuma mungkin tuhan memberi jalan untuk mengambil kerja di perusahaan farmasi akhirnya saya putuskan untuk mengambil pekerjaan tersebut.

Berapa Salary Atau Gajih Di Perusahaan Farmasi Sebagai Medical Representative ?


Untuk gaji sebenernya umr jakarta karena waktu itu saya posisi kerja di jakarta walupun sebenernya mengikuti umr semarang, dan setelah saya interview saya kira gajih umr itu gajih pokok , ternyata itu semua dikalkulasikan mulai dari uang bensin , parkir , sewa motor , makan , dan tunjangan lainnya. dan sedihnya lagi tida dikasih yang namanya BPJS Ketenagakerjaan, karena untuk dapat BPJS Ketenagakerjaan status nya harus menjadi karyawan tetap terlebih dahulu :(

Tidak ada kata menyesal karena waktu itu saya semangat-semangatnya untuk kerja, dan setelah 6 bulan berlanjut terasa banget kerja jadi seorang medical representative itu cukup cape sekali, waktu itu saya ngambil area bidan daerah jakarta selatan dan untuk pencapaian taget produk pun selalu tercapai karena bidan lumayan gampang untuk masuk produk obat tersebut.


Saran jika kita ingin menjadi seorang medrep carilah perusahaan asing atau perusahaan farmasi terbaik contohnya seperti kalbefarma yang sudah terdaftar di bursa efekk indonesia, atau mungkin perusahaan ternama, tujuannya untuk menjamin kesejahtraan karyawannya. 

Suka Duka Atau Susah Senang Jadi Medical Representative Apa Sih ?

Dalam dunia kerja tidak selamanya nyaman bekerja terkadang banyak sekali halangan dan rintangan, kalau di medical representative dukanya ketika kita kunjungna ke bidan atau dokter terkadang diperjalanan hujan, sehingga kita punya janji dengan dokter pun terhalang, atau ketika kita kunjungan ke dokter harus menunggu lama karena banyak pasien apalagi di rumah sakit,ditambah lagi ketika harus mengejar total kunjungan , kala tidak realisasi ya gajih kita dipotong.

Selain itu kitapun harus mengejar target yang sudah ditentukan oleh perusahaan tempat kita bekerja , ada yang target perbulan 25 juta , 30 juta , bahkan untuk level manager bisa lebih 300 juta, kalau dulu di tempat saya bekerja untuk target saya sekitar 30 jutaan dan produktifitas itu 25 juta.


Senangnya menjadi medical representative ya pas kita gajian hehe , ata ketika kita dapat insentive produk yang sudah kita jual, selan itu rasa lelahpun bisa tida terasa ketika customer dokter ataupun bidan order dan mau meresepkan produk kita kepada customer , ditambah lagi senangnya bisa ketemu asisten bidan yang aduhai cakep wkwkwk. 

Apakah Ijazah Kita Ditahan Perusahaan ?

Dulu saya menjadi seorang medrep itu ijazah ditahan, sebenernya harusnya tida boleh karena itu mungkin peraturan perusahaan ya sudahlah akhirnya saya kasih jaminan berupa ijazah asli, dan kalaupun ijazah tida dikasih kita tidak dapat menerima gaji :(

Saran saya carilah perusahaan yang tanpa penahanan ijazah , karena ketika ijazah kita ditahan kita tida bisa kemana mana , mau cari kerja lagi ijazah ditahan , mau keluar kerja atau resign kena penalty, dulu saya kalau keluar bisa kena penalty sebesar 5 juta :( dan jika ijazah mau diterima harus 2 tahun dulu baru ijazah diterima.

Kesimpulan : Tidak semua perusaahan farmasi seperti itu, masih banyak perusahaan farmasi yang gajih lebih tinggi ditambah lagi dengan insentive, dan juga jangan sampai ditahan ijazah ya, menjadi seorang medical representative itu harus kuat mental dan fisik juga. mau tida mau kita di semprot dokter atau mungkin baru dateng udah dikasih kursi hehe.

Banyak orang-orang sukses kerja sebagai seorang medical representative , karena selain kita kerja hanya menerima gajih tapi ilmu yang kita dapatkan jauh lebih banyak dan bisa kita aplikasikan di kehidupan sehari-hari, apalagi untuk seorang jiwa enterpreneur cocok sekali.

Demikian postingan artikel pengalaman menjadi seorang medical representative , jika ada yang ditanyakan silahkan untuk  berkomentar positif dibawah , admin siap jawab 24 jam nonstop tanpa batas alias unlimited :) 


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Begini Cara Mengatasi Tata Letak Layar Utama Dikunci Pada Smartphone Xiaomi

Cara Mudah Mengatasi Lupa MPIN Dan Password Transaksi Pada BNI Mobile Bangking

Cara Cek Point Kartu Member Alfamart Melalui Aplikasi Ponta