Blog Seputar Dunia Teknologi , Kesehatan , Olahraga , Kuliner , Percintaan , Motivasi , Tutorial, Otomotif Dan Lain Sebagainnya

Etika Dan Bahasa Tubuh Yang Harus Diperhatikan Ketika Interview Atau Wawancara Kerja

Lulus Interview Kerja Karena Bahasa Tubuh
NASORUDINTUTORIAL.COM- Menurut Wikipedia Bahasa Tubuh adalah komunikasi pesan nonverbal ( bahasa tanpa kata-kata ). yaitu proses pertukaran fikiran dan gagasan dimana pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, diam, waktu, suara, serta postur dan juga gerakan tubuh.

Biasanya para pencari kerja jarang sekali tahu dan jarang memperhatikan tentang bahasa tubuh mereka ketika wawancara kerja, padahal ini menjadi point penting dan sangat berpengaruh dalam kelulusan dalam melamar pekerjaan.


Selain itu yang harus diperhatikan ketika wawancara atau interview kerja adalah etika , dimana etika ini sangat penting sekali contohnya ketika dipanggil untuk interview bagaimana cara duduk yang benar , bagaimana cara masuk ke ruangan dengan etika yang baik , bagaimana cara berpakaian ketika wawancara kerja dan lain sebagainya.

Berikut Etika Dan Bahasa Tubuh Yang Harus Diperhatikan Ketika Wawancara Atau Interview Kerja Dibawah ini :

#1. Datang 30 Menit Sebelum Wawancara Atau Interview Kerja.
  • Untuk mengantisipasi telat datang hargailah waktu pastikan kita sudah stand by 30 menit sebelum wawancara atau interview kerja, biasanya nanti kita akan dipanggil satu persatu untuk interview pastikan jangan lupa sarapan dan bangun pagi lebih awal ya, Sudah terbayang jika kita telat datang dan tiba-tiba dipanggil duluan sedangkan kita tidak ada ditempat. So diperhatikan Betul ya :)

#2. Berpakaian Menarik Dan Rapih.
  • Dalam wawancara kerja pastikan sobat mempersiapkan pakaian yang cocok untuk interview kerja, pastikan memakai kemeja lengan panjang, celana bahan , sepatu pentovel dan jika dibutuhkan silahkan untuk memakai dasi. pastikan rambut dalam keadaan rapih ya.
#3. Membawa Berkas Lamaran Atau CV Yang Sudah Dibuat.
  • Banyak sekali pelamar kerja yang lupa dengan point ini , pastikan sobat membawa lamaran atau cv yang sudah dibuat tujuannya sering kali manager personalia menanyakan berkas lamaran asli, dijaman teknologi ini banyak sekali kita melamar lewat online Jobstreet atau mungkin JobsDB bahkan lewat jobfair sekalipun, walaupun berkas lamaran kita sudah masuk , sealu persiapkan kembali lamaran ketika ada panggilan interview atau wawancara kerja.
#4. Etika Masuk Ruangan Interview.
  • Pastikan Untuk memperhatikan point ini, ketika sobat dipanggil untuk wawancara atau interview kerja pastikan untuk ketuk pintu terlebih dahulu, supaya terlihat sopan, jangan duduk terlebih dahulu sebelum dipersilahkan untuk duduk , jika belum dipersilahkan duduk dalam waktu 5 menit silahkan untuk bertanya " Mohon Maaf Pak, Boleh Saya Duduk ".
#5. Perhatikan Cara Bersalaman.
  • Mungkin terlihat sepele tapi ini sangat penting sekali , ketika kita wawancara kerja pastikan untuk bersalaman sedikit dikeraskan , tapi jangan sampai HRD Atau Pewawancara kesakitan ya, ini menujukan kita orang yang bersemangat, coba sobat bersalaman dengan orang-orang sukses pasti mereka bersalaman dengan keras sekali.

#6. Jangan Menyilangkan Kaki Dan Selalu Tatapan Tertuju Ke Pewawancara.
  • Maksud dari point ini adalah ketika kita duduk usahakan kaki jangan disilangkan atau dibuka terlalu lebar supaya terlihat berwibawa dan sopan, dan perlu diperhatikan ketika wawancara kerja pastikan kita menatap kontak mata si pewawancara , jangan smpai menunduk atau menoleh kesana kemari itu menunjukan kita tidak menghargai, dan jangan sekali kali terlalu menatap terus menerus nanti dikira naksir lagi :) , pastikan menoleh sekali kali ke kanan dan tetap balik lagi tertju ke si pewawancara.
#7. Mengatur Nada Bicara Ketika Interview.
  • Ketika Interview atau wawancara kerja pastikan mengatur nada bicara, pastikan untuk nada bicara jangan terlalu rendah dan jangan terlalu tinggi , usahakan nada berbicara sedang, bermakna, dimengerti , dan terlihat tegas. Mungkin Sobat bisa menangkapnya ya. Good Luck :)
PENUTUP : Demikian postingan artikel kali ini , bagaimana cara beretika dan memperhatikan bahasa tubuh ketika interview atau wawancara kerja, good luck untuk pelamar kerja, semoga artikel ini bisa bermanfaat , jika ingin berdiskusi atau ada yang ditanyakan silahkan berkomntar dibawah, pastikan untuk berkomentar positif, Terimakasih.



Share:

0 comments:

Post a Comment

f

Total Pageviews

Unordered List

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia