Blog Seputar Dunia Teknologi , Kesehatan , Olahraga , Kuliner , Percintaan , Motivasi , Tutorial, Otomotif Dan Lain Sebagainnya

Tips-Tips Lolos Menghadapi Pertanyaan Interview Atau Wawancara Kerja Di Perusahaan

Tips Lolos Diterima Kerja
NASORUDINTUTORIAL.COM- Wawancara Atau Interview Adalah merupakan percakapan antara dua orang atau lebih antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara atau interview adalah untuk mendapatkan informasi yang tepat dari narasumber terpercaya.

Wawancara Atau Interview biasanya dilakukan untuk seleksi contohnya pekerjaan, cari bakat, jurnalis ,dan lain lain untuk menggali informasi seseorang. Sering kali kita menemukan sebuah interview atau wawancara kebanyakan di dunia kerja.

Sebuah perusahaan tidak akan langsung menerima karyawannya tanpa seleksi terlebih dahulu , tentunya mereka ingin mendapatkan calob karyawan yang smart, berkompetensi, jujur, tanggung jawab, pantang menyerah, dan siap menghadapi tekanan apapun dalam bekerja.


Dalam wawancara kerja tentunya kita harus siap dengan pertanyaan yang diajukan oleh narasumber kepada kita, dan jangan sampai kita salah menjawab, karena dala wawancara kerja banyak sekali jebakan pertanyaan, dan tidak sedikit orang yang lolos dalam tahap interview ini.

Berikut Pertanyaan Yang Sering Diajuakn Dalam Wawancara Atau Interview Kerja Dibawah ini :

#1. Perkenalkan Diri Anda.
  • Dalam tahap pertama ini , yang paling pertama adalah kita disuruh untuk memperkenalkan diri kita, silahkan sobat perkenalkan diri dengan mengenalkan nama, tempat tinggal, pengalaman kerja, pendidikan terakhir, dan skill yang dimiliki. pastikan kerika memperkenalkan diri nada suara diusahakan jangan terlalu pelan dan jangan juga terlalu keras supaya bisa menunjukan berwibawa.
#2. Apa Yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Ini ?
  • Sebelum kita mendatangi jadwal interview atau nunggu panggilan interview pastikan kita sudah riset tentang perusahaan yang akan kita lamar, biasanya narasumber atau HRD menanyakan seberapa tau dan seberapa serius kita bergabung menjadi bagian perusahaan tersebut.
#3. Apa Skill Atau Kemapuan Yang Anda Miliki ?
  • Dalam tahap ini nanti akan ditanya skill atau kemampuan yang kita miliki, pastikan untuk menjawab pertanyaan ini harus sesuai dengan jurusan pendidikan terakhir kita dan harus menjurus ke posisi yang sedang dilamar, jangan sampai posisi yang sedang dilamar contohnya menjadi IT support , dan skill yang kita jelaskan itu tentang kesehatan. jelaskan skill sedetail mungkin dan pastikan bagaimana caranya supaya mereka yakin dan percaya kepada kita.
#4. Siapkah Anda Ditempatkan Di Luar Kota ?
  • Untuk Menjawab pertanyaan ini pastikan untuk menjawab siap dan sebutkan alasannya, contoh jawabannya " Saya Siap Ditempatkan Di Luar Kota Selagi Itu Tugas Dari Perusahaan ".
#5. Dimana Tempat Tinggal Anda Sekarang ?
  • Biasanya narasumber bertanya tentang tempat tinggal kita sekarang, tujuannya mereka tidak akan menerima calon karyawan misal tempat kerja di jakarta sedangkan tinggalnya di bandung, pastikan menjawab tempat tinggal terdekat dengan perusahaan tersebut
#6. Berapa Gajih Yang Anda Inginkan ?
  • Banyak sekali calon karyawan yang tidak lulus dalam wawancara atau interview kerja dengan pertanyaan jebakan ini, untuk nego gajih silahkan untuk riset terlebih dahulu di https://www.qerja.com/salary, jika sudah menemukan perusahaan dan gajih posisi yang dilamar berapa , baru kita menjawab nego gajihnya , pastikan jika ingin lebih tinggi jangan sampai terlalu berlebihan contoh gajih sebagai IT 4 Juta Kita nego gajih 10 juta , saya yakin tidak akan diterima. jika tidak ingin menyebutkan nominalnya cukup jawab " Untuk gajih disesuaikan dengan UMR Perusahaan saja, Karena Perusahaan Punya Standarisasi gajih Sendiri Untuk Posisi Ini" 
#7. Siapkan Anda Bekerja Besok ?
  • Jika ditanya siapkah kerja besok, silahkan jawab siap dan alasannya , sontohnya " Saya Siap Kerja Besok Karena Jarak Tempat Tinggal Perusahaan Dengan Tempat Tinggal Saya Sangat Dekat" Silahkan Dicoba ya.
#8. Apa Kekurangan Dan Kelebihan Anda ?
  • Untuk Menjawab Pertanyaan ini pastikan jangan sampai terjebak, mungkin untuk menjawab kelebihan sudah yakin bisa menjawab, nah untuk menjawab kekurangan pastikan menjadi kelebihan contoh Kelebihan " Saya Orang Pekerja Keras, Teliti Dan Tanggung Jawab Dalam Bekerja "  Contoh Kekurangan " Saya Akan Cepat Merasa Bosan Dengan Pekerjaan Yang Tidak Saya Sukai, Tapi Saya Bisa Mengatasi Itu Dengan Prinsip Saya Adalah Tanggung Jawab"
#9. Mengapa Berhenti Dari Pekerjaan Sebelumnya ?
  • Untuk menjawab pertanyaan ini pastikan jangan sekali kali menyebutkan alasan keluar karena konflik pribadi pastikan menjawab dengan profesional, Contoh" Saya Keluar Dari Perusahaan Tersebut Ingin Mencari Pekerjaan Yang Lebih Baik Dan Meningkatkas SkillYang saya miliki sekarang " Silahkan Dicoba ya.
#10. Apa Tujuan Dan Rencana Anda Kedepan ?
  • Maksud dari pertanyaan ini adalah menguji kita seberapa serius dan seberapa lama kita ingin bergabung dan bekerja di perusahaan tersebut. Untuk menjawab pertanyaan ini pastikan untuk melibatkan perusahaan untuk rencana atau tujuan kedepan. dengan jawaban yang tepat tentunya perusahaan merasa bahwa anda adalah orang yang cocok untuk bergabung di perusahaan tersebut.
#11. Apakah Ada Pertanyaan ?
  • Maksud dari pertanyaan ini adalah menguji kita apakah typikal orang pendengar atau orang yang suka bergaul dan bertanya ketika kita bekerja nanti, dan menguji keseriusan kita untuk masuk ke perusahaan yang kita lamar, biasanya narasumber akan bertanya lebih dari dua kali dengan kata " Apakah Ada Yang Ditanyakan ?, Jika mereka bertanya satu kali seperti itu cukup menjawab " Tidak Ada Pak " Dan Untuk Kedua Kalinya mereka akan bertanya ulang " Apakah Ada Pertanyaan" Jika diulang seperti ini biasanya mereka ingin kita bertanya , silahkan jawab dengan pertanyaan yang menjurus ke posisi yg sedang dilamar atau jadwal kelulusan, Contoh : " Mohon Maaf Pak Untuk Informasi Kelulusan Kira-Kira Kapan Ya Pak ?, Biasanya Mereka Akan Menjawab dan menginformasikannya. Good Luck :)
PENUTUP : Demikian  postingan artikel kali ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat dalam hal interview atau wawancara kerja, tidak semua pertanyaan yang diajukan perusaaahn seperti pada artikel ini, banyak sekali pertanyaan yang lain ketika intervew, pastikan untuk menghadapi interview baca doa dan minta restu orang tua ya supaya semuanya berjalan lancar dan mulus, jika ada pertanyaan silahkan berdiskusi dan berkomentar positif dibawah, Terimakasih.



Share:

0 comments:

Post a Comment

f

Total Pageviews

Unordered List

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia