Blog Seputar Dunia Teknologi , Kesehatan , Olahraga , Kuliner , Percintaan , Motivasi , Tutorial, Otomotif Dan Lain Sebagainnya

Pengalaman Kerja Menjadi Seorang Driver Ojek Online Grab Indonesia

Insentive ojek online grab
NASORUDINTUTORIAL.COM- Grab Adalah sebuah transportasi online yang sering kita temui saat ini , menurut wikipedia grab sebelumnya dikenal dengan grab taxi merupakan sebuah platform O2O yang bermarkas disingapura dan paling sering digunakan diasia tenggara, menyediakan layanan kebutuhan sehari-hari bagi para pelanggan termasuk perjalanan, pesan antar makanan, pengiriman barang dan pembayaran menggunakan dompet digital.

Banyak ribuan driver grab di indonesia khususnya jabodetabek , mungkin sobat sudah tidak asing lagi dengan grab , berangkat kuliah pake grab, kerja pake grab , sekolah pake grab, dan mungkin liburanpun kita sering menggunakan jasa transportasi online grab.

Grab pun sudah bisa diakses untuk customer bisa di download di playstore dan appstore khusus untuk aplikasi grab customer dan untuk driver ada lagi aplikasi khusus driver.

Untuk menjadi seorang driver grab tentunya kita harus mendaftar dahulu untuk menjadi keluarga besar grab indonesia baru kita bisa mengkses aplikasi driver grab dan sudah bisa mulai menghasilkan uang atau bahasa satu aspal nya narik hehe :)


Singkat cerita saya pun tertarik untuk mengikuti menjadi driver pada waktu itu , sebenernya daftar jadi grab hanya untuk sampingan saja buat nambah-nambah pundi-pundi rupiah hehe, dan saya masih status bekerja di perusahaan farmasi, siapa sih yang tidak mengalami hidup di  jakarta yang bisa dibilang serba mahal hehe. bayar kosan aja istilahnya paling murah 600 ribu belum juga makan sehari 3 kali, kalikan saja satu hari habis 150 ribu itu sudah termasuk bensin belum ngopi, roko dan lain sebagainnya. dan kebetulan waktu itu saya status kerja sebagai marketing, fikir saya enak juga sambil nyari sampingan ojek online.

Keesokan harinya sayapun berangkat untuk mengikuti tes pendaftaran grab dengan membawa syarat-syaratnya di taman wiladatika cibubur, dari sini berangkat subuh dan cukup banyak sekali yang mendaftar bisa dibilang ribuan. Setelah mengikuti tes dengan di cek berkas atau syarat-syaratnya dilanjutkan dengan tes safety reading ( Tes mengendarai motor dengan membawa penumpang ) jika lulus langsung ke tempat pengaktfian akun grab dan langsung mengikuti training di aula, setelah itu baru saya mengantri untuk mengambil 2 jaket dan 2 helm, dilanjutkan kembali membuka rekening Cimb Niaga disana.

Apakah 2 Jaket Dan 2 Helm Gratis Dari Grab ?

Untuk 2 jaket dan 2 helm itu sekitar 560.000 itu dikenakan potongan nanti diambil dari dompet kredit kita sebesar 70 ribu selama 8 kali taruh lah sekitar 2 bulanan.

Pendaftaran pun selesai akhirnya sayapun pulang magrib , dan keesokan harinya langsung narik dan mendapatkan penumpang pertama dari cilandak kko menuju stasiun pasar minggu :) , bahagiannya luar biasa bisa dapat orderan pertama dan seminggu itu bisa dapet 700 ribu itu hanya sampingan saja sambil kerja dan saya menikmatinya ditambah bonus juga.


Seiring berjalannya waktu semakin kesini tarif grab semakin menurun dan banyak sekali demo driver grab untuk menaikan tarif dan akhirnya penghasilan menjadi driver grab semakin menurun, malah semaik kesini lagi skema insentif berubah dan bisa dibilang susah dapetin bonus , penumpang juga tidak serame pas awal daftar. 

Dari sini lah mula terasa menjadi driver grab itu harus kuat fisik , mental, bayangkan kita mendapatkan penumpang jauh dengan pake grabpay sedangkan harus mengisi bensin pula, walupun grabpay masuk dompet tuna tetap harus mencapai 20 ribu dulu baru bisa ditarik ke atm cimb niaga, itupun dari cimb niaga harus minimal bisa ditarik 50.000. bisanya orderan yang masuk itu cuma argo 5000 rupiah atau sekitar 7000 rupiah itupun lama untuk mendapatkan order. 

Sebenernya untuk tarip berapapun tidak jadi masalah kalau kita bisa prediksi tarip 7000 itu cocoknya jarak berapa kilometer , ini udah jarak lumayan jauh, macet , grabpay , promo , mungkin sobat bisa bayangin deh :)

Untuk perawatan motor saja bisa mengeluarkan uang minimal 350 untuk ganti oli, ban dalem jika diperjalanann bocor , karena kita tidak tau kapan ban motor bisa bocor dan mesin motor tiba-tiba mati di jalan.

Selain itu pernah sewaktu-waktu nganter grab ekspres ke daerah rawamangun dan di perjalanan terkena tilang polisi alhasil tarip grab ekspres 87 ribu kena tilang bayar 100.000 mana yang mau diambil, tenang aja masih ada yang bisa di ambil yaitu keringat dingin :)

Saran jika ingin mendaftar menjadi driver ojek online mungkin hanya untuk sampingan saja lah , karena sudah saya rasakan jika menjadi driver online untuk kebutuhan pokok sehari-hari alias full jadi driver lumayan juga capenya.

Demikian artikel postingan kali ini semoga bisa bemanfaat untuk para pembaca, jangan lupa untuk berkomentar positif dibawah terimakasih :)


Share:

0 comments:

Post a Comment

f

Total Pageviews

Unordered List

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia