Blog Seputar Dunia Teknologi , Kesehatan , Olahraga , Kuliner , Percintaan , Motivasi , Tutorial, Otomotif Dan Lain Sebagainnya

Cara Kerja Dan Fasilitas Menjadi Seorang Sales Atau Medical Representative Di Industri Farmasi

Medical representative

NASORUDINTUTORIAL.COM- Sales Atau medical Representative Adalah suatu pekerjaan sales yang menawarkan dan mengenalkan product - product industri farmasi ke rumah sakit, klinik , apotik di seluruh indonesia dan dunia.

Dalam Industri Farmasi Ada Beberapa divisi untuk mendistribusikan product - product nya biar laku dan terkenal di pasaran , contoh sebagian divisi yang ada di industri farmasi adalah divisi beta , gama , etical , otc , welco , dan masih banyak lagi istilah - istilah nama divisinya tegantung perushaan tersebut.

Baca Juga : 9 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Produk Farmasi Ke Setiap Apotik , Klinik , Rumah Sakit Dan Toko Obat Dalam Dunia Kerja Medical Atau Sales Representative

Seorang Sales atau medical representative dia akan di fasilitasi berupa kendaraan seperti motor , mobil , usahakan punya motor sendiri , tab smartphone , uang pulsa atau quota , transport join visit , up country , dibekali dengan brosur - brosur product , price list ( daftar harga ) , kontrak kerjasama dan lain lain.

Medical Atau sales Representative itu sejatinya hanya mengenalkan dan menawarkan product  - Product industri farmasi saja sampai mendapatkan kontrak kerjasama atau PO ( Purchase Order ) atau bisa juga disebut SP ( Surat Pesanan ) Dari Klinik , Bidan , Apotik Dan Rumah Sakit.

Biasanya Dalam Menawarkan Produk Farmasi harus ada brosur dan proce list ( daftar harga product ) dan juga diskon yang akan di tawarkan oleh salesrep atau medrep, rata - rata diskon yang diberikan biasanya reguler 10% an itu sudah hal yang lumrah.

Medrep atau salesrep juga bisa menawarkan diskon lebih besar lagi dengan pengambilan atau pembelian banyak dengan diajak kerjasama kontrak , contoh kontrak 6 bulan sampai dengan 1 tahun dengan pengambilan perbulan misal 10 jutaaan dengan rincian diskon dan dapat reward cashback dan lain - lain.

Baca Juga : Mengenal Struktur Organisasi Dan Tugas - Tugasnya Dalam Dunia Kerja Medical Atau Sales Representative

Jika Sales rep atau medrep sudah mendapatkan PO , PO Tersebut bisa langsung di proses ke salesman diatributor , dan nantinya barang yang di order akan dikirim ke apotik , klinik ataupun rumah sakit.

Jadi untuk pengiriman barang , penagihan , proses retur , konsinyasi itu semua tugas dari salesman distributor , salesrep atau medrep  hanya sekedar menawarkan dan mengajak kerjasama saja dengan pihak apotik , rumah sakit dan klinik.

Medrep juga harus aktif dengan orang - orang distributor supaya ketika ada pengaduan atau keluhan customer bisa langsung diatasi, usahakan salesrep atau medrep mempunyai daftar kontak salesman distributor.

Salesrep atau medrep juga akan dikasih target bulanan untuk bisa dikejar dan juga kunjungan biasanyan 10 - 15 otlite dalam sehari , ada yang kunjungan menggunan tab absensi dengan selfie atau dengan share live lokasi tergantung perusahaan itu sendiri.

Untuk Masalah Gaji biasanya salesrep atau medrep UMR / UMP Bisa juga nego gaji jika sudah berpengalaman , dan ada tambahan juga dari insentif jika mencapai target, untuk hari libur biasanya antara sabtu dan minggu atau hari minggu saja.

Selain itu salesrep atau medrep juga biasanya mengadakan meeting harian , mingguan , bulanan dan tahunan membahas seputar pencapaian yang telah dicapai dan teknik - teknik marketing untuk menaikan penjualan.

PENUTUP : Demikian artikel bagaimana cara kerja seorang sales representative atau medical representative , ini hanya artikel singkat saja atau gambaran pekerjaan seorang sales farmasi , jika ada yang ditanyakan bisa langsung chat di menu chating , Terimakasih.

Share:

0 comments:

Post a Comment

f

Total Pageviews

Unordered List

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia