Blog Seputar Dunia Teknologi , Kesehatan , Olahraga , Kuliner , Percintaan , Motivasi , Tutorial, Otomotif Dan Lain Sebagainnya

9 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Produk Farmasi Ke Setiap Apotik , Klinik , Rumah Sakit Dan Toko Obat Dalam Dunia Kerja Medical Atau Sales Representative

Cara menaikan penjualam farmasi

NASORUDINTUTORIAL.COM - Dalam Dunia Kerja Medical Atau Sales representative Farmasi Tentunya seorang sales akan di bekali fasilitas atau senjata untuk mengenalkan product - product farmasi dan mendapatkan PO ( Purchase Order ) Atau SP ( Surat Pesanan Orderan ).

Berikut Beberapa Tips Jitu Untuk Meningkatkan Penjualan Produk - Produk Farmasi Dibawah ini :

1. Penampilan

Penampilan sales medical representative

Seorang Medical Atau Sales representative harus berpenampilan menarik untuk terlihat rapih dan profesional di mata dokter , apoteker atau bagian pembelian obat. Dengan berpenampilan menarik akan ada daya tarik sendiri untuk menerima sobat bisa bertemu dan berkomunikasi lebih Lama.

2. Bawa Brosur Product Dan Tab

Manual book medical representative

Dengan Membawa Brosur Product sobat bisa langsung mengenalkan apa saja product - product yang akan dijual , biasanya apoteker atau dokter akan meminta brosur tersebut untuk di pelajari terlebih dahulu, untung menjaga brosur kosong , sobat bisa gunakan file pdf atau manual book di smartphone atau tablet inventaris yang di kasih perusahaan tempat bekerja ya.

3. Kuasai Product Knowledge

Lowongan Kerja Medical Representative

Dengan Menguasai Product Knowledge ini adalah salah satu point penting dalam proses penjualan product , mulai dari tau komposisi product , aturan pakai , cara penggunannya , target customernya , bentuk kemasannya , isi dalam productnya dan lain sebagainya.

4. Sample Product 

Sample product

Hal yang harus diperhatikan ketika menjual product - product farmasi apalagi bentuknya suplement, usahakan bawa sample product dengan tujuan si dokter atau apoteker tau bentuk nya , mengetahui isi productnya bahkan bisa untuk di cobain productnya , dengan begitu bisa meyakinkan bahwa sobat menawarkan atau membawa barng tersebut serius dan ada samplenya.

5. Price List ( Daftar Harga ) Dan Diskon

Daftar harga

Salesrep Atau Medrep Juga wajib Membawa price list ( daftar harga produk ) dan juga wajib mengetahui diskon yang akan diberikan ke apotik , toko obat , bidan , klinik dan rumah sakit.

Biasanya perusahahaan akan memberikan spesial diskon khusus reguler otomatis , contoh semua produk apapun itu sudah di patok diskonnya misal 10% otomatis, atau jika customer ingin mendapatkan diskon lebih itu biasanya ada syarat pembelian , contoh diskon 15 % dengan pengambilan 10 juta , atau misal diskon 25 % dengan pngambilan 20 juta dan itu harus proses pengajuan dan acc perusahaan farmasi tersebut.

6. Siapkan Kontrak MOU Dan Tawarkan Program Marketing.

Kontrak kerjasama

Seorang salesrep atau medrep biasanya punya senjata andalan untuk mendapatkan PO ( mendapatkan Purchase Order ) dengan menawarkan program kerjasama , sebagai contoh sobat medrep bisa kontrak pihak apotik 6 bulan atau 1 tahun dengan pengambilan produk 10 -15 juta perbulan dengan diskon tertentu atau spesial diskon misal diskon yg diberikan total 40% dengan rincian on faktur 10% cashback 30% selama 6 bulan atau 1 tahun , jangan lupa bawa surat kontrak MOU nya untuk mengikat apotik sudah deal kerjasama ya.

7. Konsinyasi Produk 

Konsinyasi produk

Dengan adanya program konsinyasi atau titip barang/produk salah satu cara juga untuk mendistribusikan produk - produk farmasi ke setiap apotik dan toko obat , cuma bedanya kalau konsinyasi hanya titip barang saja , produk yang laku di bayar kalau yang tidak terjual biasanya akan di retur kembali ke distribitor, nah biasanya untuk jangka konsinyasi tergantung kebijakan distribitor dan perusahaan farmasinya , ada yang 3 bulan atau bahkan lebih.

8. Buy One Get One ( Distributor To Otlite )

Dengan adanya program buy one get one atau beli 1 gratis 1 akan menarik minat apotik , toko obat atau otlite untuk membeli product kita , atau bsa juga beli produk gratis hampers atau gimic yang bisa menarik otlite beli.

9. Percaya Diri ( PD ) 

Percaya diri

Seorang Medical Atau Sales representative harus punya rasa memiliki , loyalitas , integritas terhadap perusahaan tempat bekerja , jika sobat sudah ada rasa memiliki dan percaya diri terhadap produk yang sobat bawa dan tawarkan , maka ketika menawarkan atau mengenalkan produk farmasi akan lancar dari segi pengenalan produk, kedekatan dengan otlite dan bahkan otlite bisa jadi tidak berpaling dengan produk yg kita bawa.


Untuk Lebih Jelasnya Bisa Tonton Dan Simak Video di Bawah Ini :


PENUTUP : Demikian artikel Bagaimana cara meningkatkan penjualan produk - produk farmasi di setiap apotik , toko obat , klinik dan rumah sakit , semoga artikel ini bisa bermanfaat khususnya untuk industri farmasi dan umumnya untuk tenaga kerja medical representative, Terimakasih


Share:

0 comments:

Post a Comment

f

Total Pageviews

Unordered List

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia